Tuesday, September 3, 2019

Menguak Tabir Rahasia Alam Ghoib Menurut Sudut Pandang Agama Islam



Beda orang beriman serta orang atheis satu diantaranya ialah beriman pada alam gaib. Ghaib berarti tidak kelihatan, alam ghaib ialah alam yang tidak kelihatan. Orang atheis cuma yakin pada suatu yang kelihatan serta rasional. Orang mukmin yakin pada yang gaib ataukah tidak kelihatan dan tidak rasional (lantaran akal manusia yang hanya terbatas tidak bisa menjangkaunya). Alhamdulillah Allah dengan rahmatNya lewat NabiNya memberikan berita perihal alam tidak kelihatan.

5 MACAM ALAM GHAIB MENURUT AGAMA ISLAM
1. ALAM RUH

Sebelum masuk alam kandungan manusia ada di alam ruh tiada jasad. Sewaktu janin udah masuk umur 120 hari dikirim malaikat buat meniupkan ruh.

Roh sebelum ditiupkan ke janin, Allah ambil kesepakatan dengan roh itu. Isi perjanjiannya diterangkan dalam Al Qur'an surat Al A'raaf ayat 172 Allah berfirman pada ruh : "Tidakkah Saya Tuhanmu ?" Jadi ruh itu menjawab : "Benar Engkau Tuhanku , kami berubah menjadi saksi". Maksud diambil kesepakatan ini ialah agar diakherat tidak miliki argumen buat mengelit lantaran sudah melanggar kesepakatan itu ialah kesepakatan buat mengesakan Allah.

Fitrah manusia buat mentauhidkan Allah akan nampak sewaktu manusia dalam kondisi bahaya. Jika manusia berlayar lalu hadir badai yang besar yang akan menyebabkan kapal akan terbenam jadi mereka akan berdoa pada Tuhan yang Maha Esa. Akan tetapi sesudah mereka selamat dari bahaya tenggelamnya kapal serta hingga sampai di darat mereka kembali menyekutukan Allah.

2. ALAM GHAIB KEDUA YAITU ALAM BARZAH ATAU ALAM KUBUR

Tiap-tiap orang pasti masuk alam barzah atau alam pendam. Di alam pendam akan ada siksa pendam serta nikmat pendam. Alam pendam ialah alam pengalihan di antara alam dunia dengan alam akherat. Di alam pendam tidak ada keharusan beramal sholeh akan tetapi masih dapat terima pahala dari amal jariahnya di dunia. Semisalnya seorang bangun masjid sepanjang masjid masih dimanfaatkan jadi ia tiada henti mendapatkan pahala.

APAKAH ROH ATAU ARWAH ORANG YANG MENINGGAL DUNIA BISA MENEMUI ORANG YANG MASIH HIDUP ?

Masalah ini ialah masalah yang penting dalam yakin masalah ini. Lantaran banyak jin serta syetan menggunakan kepercayaan jika roh orang yang wafat dapat menjumpai orang hidup. Jin serta syetan menipu manusia jika roh dapat di panggil bahkan juga dapat berunding lewat perantaraan menyelinap pada seorang yang kesurupan.

Dalam kepercayaan agama Islam ruh orang yang wafat cuma dapat bersua dalam mimpi. Terkecuali mukjizat Rasulullah dapat bersua ruh-ruh banyak Nabi sewaktu mi'raj.

Roh atau arwah orang yang wafat ada 2 jenis ialah ruh yang mendapatkan nikmat pendam serta ruh yang mendapatkan siksa pendam. Roh yang memperoleh siksa pendam direpotkan oleh siksa kuburnya. Dia tidak dapat tinggalkan tempat siksanya. Sedang arwah yang mendapatkan nikmat pendam mendapatkan kebebasan pergi kemana saja.

Orang yang tidur itu rohnya keluar dari jasad serta dapat berjalan-jalan. Jadi ruh orang yang wafat serta mendapatkan nikmat dapat menjumpai beberapa orang yang dicintainya dalam kondisi orangnya tidur ialah lewat mimpi. Jika anda kerap punya mimpi dengan bagian keluarga anda yang wafat serta dalam mimpi situasinya puas jadi itu ialah berita baik InsyaAllah mereka mendapatkan nikmat pendam. Bahkan juga dapat berunding dengan ruh dalam mimpi.

"Allah menggenggam jiwa (orang) sewaktu matinya serta (menggenggam) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya, jadi Dia tahanlah jiwa (orang) yang sudah dia pastikan kematiannya serta Ia membebaskan jiwa lainnya hingga sampai waktu yang dipastikan. Sebetulnya pada yang demikian itu ada sinyal tanda kekuasaan Allah buat golongan yang memikir." (QS 39 :42)

DIMANAKAH RUH-RUH DI ALAM BARZAH BERADA ?

Banyak arahan ulama' dalam problem ini serta dengan cara global bisa diartikan ialah

Pertama, roh-roh ada di tubuh burung berwarna hijau yang berlalu lalang di surga menurut kehendaknya ialah ruh orang mukmin serta banyak syuhada.
Ke dua, roh terhenti di ujung pintu surga
Ke-tiga, roh yang terhenti dikuburnya seperti hadits perihal orang yang merampok mantel lalu ia mati syahid di peperangan.
Ke empat, roh yang terhenti di bumi tidak dapat naik.
Ke-5, roh yang ada dalam tungku api ialah rohnya banyak pezina.
Ke enam, roh yang ada disungai darah serta berenang di sana, lalu dilempari batu setiap saat dia akan keluar dari sungai darah itu.

3. ALAM JIN DAN SYETAN
Jin ialah makhluk halus yang diberi akal, beban syariat sama seperti bangsa manusia, hidup berdampingan dengan manusia. Jin ini di jadikan dari nyala api. Jin yang patuh akan masuk surga serta jin yang durhaka akan masuk neraka.
Jin termasuk juga makhluk yang berkelompok, mereka punyai raja, panglima serta prajurit sama seperti susunan pemerintahan manusia. Kerajaan jin ada yang di air serta ada yang di darat.
Kebolehan jin banyak sekali salah satunya dapat terbang, dapat mengubah bentuk mirip manusia atau hewan, dapat masuk ke badan manusia. Buat perlindungan diri dari kejahatan dari makhluk yang tidak nampak umat Islam di bekali do'a-do'a perlindungan. Kebanyakan do'a serta dzikir harian ialah buat perlindungan diri dari kejahatan jin serta syetan perumpamaannya dzikir membaca ayat bangku sesudah sholat fardhu, dzikir pagi sore, doa pengin makan, doa serta dzikir jika pengin tidur, do'a masuk kamar mandi, do'a keluar rumah, do'a melepas busana, do'a masuk pasar, ta'awud sebelum membaca al qur'an, do'a perlindungan anak serta do'a pertalian suami isteri.

4. ALAM MALAIKAT

Malaikat ialah makhluk ghaib yang dicetak Allah dari sinar miliki pembawaan patuh yang prima pada Allah. Malaikat tidak punyai pembawaan ketuhanan sekali-kali jika banyak tugas-tugas malaikat buat layani manusia. Contoh malaikat pencatat aksi baik serta jelek, malaikat pembagi hujan, malaikat penyampai wahyu serta malaikat penjaga surga serta neraka.
Walau malaikat ini tidak menikah banyaknya mereka banyak sekali. Sewaktu Rasulullah iso'dan mi'raj dilangit dipertunjukan Allah di Baitul Makmur tiap hari ada 70.000 malaikat masuk serta sholat lalu keluar tidak kembali.

5. ALAM GHAIB YANG TERAKHIR ADALAH ALAM AKHERAT

Agama Islam menyampaikan kabar momen yang akan berlangsung di akherat dengan sangatlah detil peristiwa-peristiwanya sebagaimana berikut :

a. Hari Kebangkitan

Malaikat Isrofil tiup sangkakala kedua kalinya tiupan pertama mengakibatkan matinya semua makhluk yang bernyawa serta hacurnya alam semesta. Selang 40,( entahlah 40 hari atau 40 tahun tidak ada pembicaraannya) ditiup sangkakala yang ke dua kalinya. Waktu tiupan ke dua semua manusia semenjak Nabi Adam hingga sampai hari kiamat dibangkitkan dengan jasadnya kembali.
Banyak orang-orang yang mengutamakan akal tidak yakin pada yaumil ba'ats ini. Meski sebenarnya kalaupun pengin berpikir bikin suatu yang baru dengan bikin lagi yang udah ada pasti lebih susah bikin suatu yang baru.

Allah memunculkan manusia dideskripsikan seperti ada padang yang tandus lalu di sirami air hujan. Maka dapat tumbuh beragam jenis tumbuhan.

Ada kisah sisi tulang ekor manusia ini yang akan badan berubah menjadi jasad baru.

Dalam shohih al Bukhari serta shahih Muslim diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. jika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Di antara dua tiupan itu ada selang waktu 40, lalu turun air dari langit, lalu manusia-manusia tumbuh seperti tumbuhan. Semua badan manusia hancur terkecuali satu tulang, ialah pangkal ekor, serta dari itu manusia dibuat kembali di hari kiamat."

b. Kumpul di Padang Mahsyar

Manusia dibangkitkan dalam kondisi telanjang, tidak berkitan serta tiada alas kaki. Mereka di giring ke satu tempat yang barusan dicetak Allah. Mereka kumpul disuatu padang yang sangatlah luas putih seperti lembaran roti disebutkan padang mahsyar.

Matahari di dekatkan satu mil sampai-sampai keringatnya bercucuran ada yang keringatnya banjir hingga sampai sampai mata kaki, ada yang keringatnya banjir hingga sampai pinggang serta ada yang terbenam dengan keringatnya. Semuanya terkait dari amalnya semasing.
Ada 7 group yang mendapatkan naungan arsy Allah di padang mahsyar, saya mengharapkan saya serta membaca masuk dalam group ini. Sewaktu itu beberapa orang banjir keringat 7 group ini tidak kepanasan serta tidak kehausan. Siapakah mereka ? ialah
1. Pimpinan yang adil
2. Seseorang anak muda yang rajin melaksanakan ibadah pada Allah
3. Orang yang terpaut hatinya di masjid
4. Dua orang yang sama sama cinta menyukai lantaran Allah
5. Seseorang lelaki yang dirayu buat berzina wanita berkedudukan serta cantik ia menampik lantaran takut pada Allah
6. Seseorang yang bersedekah rahasia seolah-olah tangan kirinya tidak memandang tangan kanannya yang keluarkan sedekah.
7. Orang yang menangis lantaran takut pada Allah sewaktu sunyi.

c. Syafaat

Keaadaan manusia di padang mahsyar di rasakan bertambah berat oleh sebab itu beberapa orang cari orang yang punyai tempat yang tinggi yang bisa memberikan syafaat agar mereka selekasnya masuk bagian sesudah itu ialah penghisaban.
Mereka menjumpai banyak Nabi yang pertama mereka singgahi ialah bapak manusia ialah Nabi Adam 'alaihi Sallam. Beliau menampik lantaran sempat menggunakan buah kuldi serta memberi saran buat menjumpai Nabi Nuh 'alaihi sallam.

Nabi Nuh menampik serta mengatakan kesalahannya didepan Allah. Beliau memberi saran buat menjumpai rasul ulul azmi yang lain. Rasul yang lainpun menampik serta menyerahkan pada yang selanjutnya,sampai mereka hadir pada rasul yang paling akhir ialah Nabi Muhammad shallallahu 'alihi wa sallam.
Banyak nabi punyai doa yang mustajab buat kebutuhan umatnya. Tiap-tiap nabi doanya udah sudah dikerjakan di dunia. Sedang Nabi Kita Muhammad shallallahu alaihi wa sallam menyimpan doa mustajabnya jadi syafaat umatnya di akherat.

Nabi Muhammad bersedia buat memberikan syafaat. Beliau sujud lama pada Allah dengan puji-pujian yang tidak pernah beliau panjatkan. Lalu Allah berfirman: "Hai Muhammad, angkat kepalamu serta bicaralah, kamu akan didengar; mintalah, kamu akan dikasih; berilah syafaat, syafaatmu akan diterima". Nabi Muhammad berbicara: "Ya rabbi, umatku..., umatku!"
Allah berfirman, "Pergilah. orang yang dihatinya ada iman satu biji gandum, keluarkanlah dari sana" Nabi Muhammad pergi serta mengerjakannya.
Allahumma shalli 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad. Yang dipikir tetap umatnya.

d. Di Hisab

Hisab mencakup pertanyaan Allah pada banyak hamba-Nya. jawaban mereka pada Allah, argmentasi serta bukti-bukti yang ditampakkan Allah pada mereka, kesaksian banyak saksi serta penimbangan amal aksi.

Di dunia jika ada petinggi yang amanah saja sewaktu di check KPK, mereka akan rasakan khawatir serta takut jika ada kekeliruan yang tidak diakui. Di akherat yang periksa Allah langsung serta didatangkan saksi-saksi bahkan juga anggota badan kita berubah menjadi saksi serta anggota badan kita dapat bicara.

e. Pembagian Catatan Amal

Calon penghuni surga akan terima catatan amal dari arah kanan, calon penghuni neraka akan merima catatan amal dari arah kiri atau dari arah belakang.

f. Qishash

Keadilan di negeri akherat betul-betul adil serta detil. Jika ada kekeliruan atau kedholiman sama-sama manusia jadi ada qishash. Bila ada orang sempat mendholimi orang, jadi pahala kebaikannya akan diambil oleh orang yang di dholimi sama dengan kedholimannya.

Bagaimana jika pahala kebaikannya udah habis ? jadi dosa dari orang yang didholimi diambil di bebankan pada orang yang mendholimi.

Dalam Shahih Muslim diriwayatkan dari Abu Hurairah jika Rasulullah ajukan pertanyaan, "Tahukah kalian siapa yang muflis (kolaps) itu ?" Banyak kawan dekat menjawab," Orang yang tidak punyai uang serta harta kekayaan". Rasulullah shallallhu 'alaihi wa sallam bersabda, " Orang muflis dari group umatku, ialah orang yang di hari kiamat kelak hadir bawa sholat, puasa, serta zakat. Akan tetapi dia sempat juga mencemooh si anu, menuduh si anu, menggunakan harta si anu, menumpahkan darah si anu serta memukul si anu, sampai-sampai dia memberi kebaikannya pada sianu serta si anu. lalu bila kebaikannya udah habis sebelum kelalimannya terbayar, jadi kejahatan mereka diambil serta dipikul padanya, lalu dia lantas dibuang ke neraka. (Shahih Muslim no 2.581)

g. Di Timbang Amal Tingkah lakunya (Mizan)

Menurut kepercayaan ahlu sunnah wal jama'ah betul-betul ada neraca timbangan yang punyai dua daun timbangan.

Amalan yang berat timbangannya diantaranya
-dua kalimat syahadat
-akhlak yang terpuji
-kalimat dzikir "Subhanallah wa bihamdihi serta subhanallah Al azhim"
-Kalimat 'alhamdulillah'
-kalimat " Subhanallah"

h. Telaga Rasulullah

Allah memulyakan Nabi Muhammad di akherat dengan diberi telaga yang air berasal dar sungai kautsar. Telaga beliau sangatlah luas, putih bahkan juga lebih putih dari susu, manis bahkan juga lebih manis dari madu, harum bahkan juga lebih harum dari kasturi dan gelas-gelasnya seperti bintang-bintang di langit..
Siapapun meminum walau cuma satu teguk akan tidak haus selam-lamanya.

i. Melalui shirot

Tiap-tiap orang mesti melalui jembatan (shirot) yang dibentangkan di atas neraka. Jika gagal melewatinya akan terjatuh ke jurang neraka. Pembawaan jembatannya tidak seperti jembatan suromadu akan tetapi serupa orang sirkus yang melalui seutas tali. Jembatannya lebih halus dari rambut dan lebih tajam dari pedang.
Ada orang yang dapat menyebrang secepat kilat, ada yang satu kedipan mata, ada yang melalui secepat kuda serta banyak yang berjatuhan kejuran neraka. terkait amalannya di dunia.

j. Surga

Surga, bidadari serta neraka saat ini terwujud serta siap menyongsong serta nampung banyak penghuninya
Deskripsi surga tempat yang sangatlah indah, serta nyaman yang belumlah ada orang menyaksikannya, tidak pernah ter dengar oleh telinga serta tidak pernah datang dalam ingatan seseorang manusia mana saja.

k. Neraka

Neraka ialah tempat yang paling nista serta tidak ada tempat yang lebih jelek daripada neraka.
s

No comments:

Post a Comment