Saturday, August 3, 2019

Harus anda ketahui keunikan Tradisi Isra’ Miraj di Keraton Yogyakarta



Dalam rencana memperingati hari Isra’ Miraj yang jatuh pada tanggal 3 April 2019, Keraton Yogyakarta mempunyai etika unik yang diketahui dengan Hajad Dalam Yasa Peksi Burak. Diawali dari pengerjaan Peksi Burak berbentuk satu pasang burung yang dirangkai dari buah buahan local juga 4 serangkaian bunga bersifat pohon yang melambangkan surga. Peksi Burak ini adalah lambang persembahan bersifat burung Buraq yang diakui jadi kendaraan sang Nabi waktu lakukan perjalanan Isra’ Miraj

Proses penerapan acara ini disupport penuh oleh faksi Keraton. Misalnya persiapan pengerjaan Peksi Burak dilakukan oleh beberapa putri raja dibantu oleh beberapa abdi dalam wanita. Sesaat buat perarakan dari Keraton ke Masjid Gede dikerjakan oleh beberapa abdi dalam pria. Sesampainya di Masjid Gede, persembahan dapat ditempatkan di masjid, yang lantas dilanjut dengan pembacaan cerita perihal perjalanan suci Nabi dalam momen Isra’ Miraj oleh Kiai Penghulu, serta pembacaan doa permintaan keselamatan serta kesehatan untuk Sultan serta keluarganya, kelestarian Keraton Yogyakarta, dan kesejahteraan rakyat serta kawula biasanya.

Walaupun sarat oleh budaya serta agama Islam, acara ini terbuka buat semua kelompok orang. Sesudah acara tuntas, persembahan buah buahan dapat didistribusikan pada orang yang datang dalam acara peringatan Isra’ Miraj ini, yang lantas dapat dibawa pulang serta diakui dapat bawa karunia untuk keluarga di rumah.
Kami membawa anda buat hadir perayaan unik ini buat meningkatkan wacana serta pengalaman anda saat bertandang ke kota Yogyakarta. Tak perlu bingung cari fasilitas di harga bisa dijangkau. Berada dekat sama lapangan terbang internasional Yogyakarta, Satoria Hotel Yogyakarta ialah pilihan yang sangatlah pas serta mempunyai pelbagai pilihan jenis kamar yang pasti sesuai keperluan anda. Keraton Yogyakarta punya jarak cuma kurang dari satu jam perjalanan dari hotel, jadi kami yakinkan anda akan tidak melupakan etika unik peringatan hari Isra’ Miraj di Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment