Thursday, August 1, 2019

Pantangan yang gak boleh dilakukan di Bali




Tiap-tiap kota punyai etika istiadat atau tradisi yang berlainan dari kota yang lain. Kalau kamu bertandang ke satu kota, alangkah lebih baiknya menghargai etika istiadat yang berlaku disana. Satu diantaranya kota yang menggenggam teguh etika istiadat merupakan Bali. Memang sich, aturan-aturannya terdengar seperti mitos semata, tetapi gak ada kelirunya kamu konsisten turuti buat menghormati masyarakat Bali. Banyak hal yang gak bisa dijalankan diantaranya:

1. Beranjak atau langkahi sesajen
Di jalanan lebih kurang Bali banyak sesajen atau canang. Upayakan biar kamu jangan pernah terinjak atau terlangkahi sesajennya. Kalau gak menyengaja beranjak atau langkahi, mohon maaf dalam hati saja, Pula jangan iseng menempatkan sesajen. Sebab, sesajen itu dipersembahkan oleh umat Hindu di Bali buat menghargai pencipta alam juga sekaligus sinyal terima kasih.

2. Masuk ke tempat suci waktu menstruasi
Buat cewek yang tengah menstruasi dilarang masuk ke tempat suci di Bali, contohnya Pura Uluwatu. Soal ini dijalankan buat mengontrol kesucian pura. Kalau tengah hadir bulan, kamu paling sekedar bisa nikmati keindahan di luar pura sembari saksikan Tari Kecak Uluwatu. Serta seharusnya, kamu pula jangan memakai celana pendek atau pakaian yang gak sopan waktu hadir ke tempat suci. Kalaupun terlanjur gunakan pakaian minim, rata-rata mesti pakai selendang atau kain .

3. Mengganggu acara keagamaan
Masyarakat Bali kan teratur menghadirkan upacara Ngaben serta rata-rata upacara itu memaksa mereka buat tutup jalan, sampai-sampai jalanan macet. Jangan pernah mengumpat atau membunyikan klakson berulang-kali sebab dikira gak menghargai Bali. Kalau umat Hindu tengah ibadah, mengupayakan agar jangan berdiri di depannya sebab dikira gak sopan. Poto pura dengan flash pula dipandang seperti perbuatan tindakan gak sopan.

4. Menggenggam kepala orang Bali
Di Bali, perbuatan menggenggam kepala adalah perbuatan yang gak sopan sebab orang Bali merasa kalau kepala ada bagian badan yang tersuci. Bahkan juga, menggenggam kepala anak kecil jadi sinyal kasih sayang saja pula dikira gak sopan. Kalau kamu sudah terburu melaksanakan hal semacam itu, lebih baik langsung mohon maaf saja.

5. Pipis asal-asalan
Banyak ruang di Bali yang udah disakralkan. Bahkan juga, pohon-pohon disana pula telah banyak yang disucikan, jadi jangan pernah kamu pipis asal-asalan. Perbuatan semacam itu jelas dipandang seperti perbuatan gak sopan serta gak menghargai pencipta alam.

No comments:

Post a Comment