Monday, August 26, 2019

Menelisik Misteri Suku di Indonesia yang Paling Kental dengan Budaya Klenik

Indonesia diketahui jadi negara yang mempunyai banyak kebudayaan. Diantaranya yakni budaya yang dipunyai oleh pelbagai suku yang ada pada Indonesia. Budaya itu disebut pengetahuan mistik atau klenik. Mengapa disebut yaitu budaya? Hal demikian dipicu oleh keyakinan yang udah ternanam di akal banyak anggota suku serta dipercayai kebenarannya sampai waktu ini.
Berhubungan dengan hal demikian, kesempatan ini Keepo dapat membawa kamu untuk lihat pelbagai suku di Indonesia dengan budaya pengetahuan mistik atau klenik yang sangatlah kental di dalamnya. Ingin tahu? Langsung saja kita baca saling bersama!

Berikut ini 3 Suku di Indonesia yang Paling Kental dengan Mistik



Suku Dayak, Kalimantan
Suku pertama yang diketahui mempunyai pengetahuan mistis yang sangatlah kuat yakni suku Dayak yang ada pada Kalimantan. Kemampuan mistis yang dipunyai rata-rata dimasukkan pada senjata-senjata perang, seperti Mandau (pedang), siper (sumpit), penyang (sejenis kalung dari kuku binatang), sampai lanju.

Bahkan juga konon tuturnya potensi dari pengetahuan mistik mereka bisa diperlukan untuk mengikat hati musuh style mereka. Rata-rata orang yang diyakini untuk kerjakan pelbagai ritual mistik yakni banyak pemuka rutinitas yang udah teruji kekuatannya.
Beberapa dari kalian mungkin memahami legenda mengenai Madau terbang maupun Minyak Bulu Perindu yang sangatlah tersohor. Legenda ini berkisah mengenai banyak pemakai pengetahuan mistik yang kebal pada pelbagai ragam senjata. Soal yang demikian yang dipunyai oleh suku Dayak di Kalimantan ini.

Suku Batak, Sumatera Utara
Berikut ini 3 Suku di Indonesia yang Paling Kental dengan Mistik!
Suku Batak, Sumatera Utara | fineartamerica.com
Suku Batak diketahui jadi suku yang suka merantau serta mempunyai mental yang sangatlah kuat. Terkecuali itu, suku ini dikenal juga sangatlah kental dapat pengetahuan mistiknya. Hal demikian dibuktikan dengan dikukuhkannya Prof. Sorimangaraja Sitanggang jadi Ketua Paranormal Sedunia di Jerman pada tahun 2006 waktu lalu.

Dia sukses menundukkan perwakilan dari negara yang lain, terhitung pakar voodoo asal Haiti yang mana potensi mistisnya udah tersohor ke penjuru dunia.
Satu diantara pengetahuan mistis yang dipunyai oleh suku ini yakni Begu Ganjang, ialah sejenis makhluk halus yang dipercayai mempunyai badan yang sangatlah panjang. Hal demikian sama dengan namanya, ialah “begu” yang punya arti ‘setan’ serta “ganjang” yang punya arti ‘panjang’.

Sesaat orang yang pelihara hantu ini dimaksud dengan Par Begu Ganjang. Konon tuturnya orang yang pelihara begu ganjang ini sangatlah ditakuti oleh orang. Hal demikian dipicu figure begu ganjang yang bisa mencabut nyawa satu orang.
Beritanya juga kalau figure hantu ini cuma dapat ada pada barang siapa yang tak diminati oleh pemiliknya.

Suku Asmat, Papua
Berikut ini 3 Suku di Indonesia yang Paling Kental dengan Mistik!
Suku Asmat, Papua | www.kabarin.co
Suku yang menempati pedalaman Papua in demikian yakin dengan beberapa hal yang memiliki bau mistis serta klenik. Semuanya yang dijalankan oleh mereka harus dijalankan dengan penuh kalkulasi spesifik seperti dengan primbon yang datang dari suku Jawa.

Terkecuali itu, suku Asmat pun mempunyai satu keyakinan unik yang mana mempercayai bila mereka datang dari alam lain yang sekarang tengah ada dalam sesuatu tempat di arah matahari terbenam.
Mereka pun mempercayai kalau tempat yang mereka mendiami didiami oleh tiga style roh yang tidak sama, ialah roh baik, roh jahat, serta roh jahat yang dapat mati.
Satu diantara potensi suku Asmat yang paling tersohor yakni potensi penerawangan. Mereka bisa menerawang beberapa barang yang hilang sekaligus juga cari tahu siapa orang yang menghilangkannya.
Pada sebuah masalah spesifik, kemampuan magis dari suku Asmat bisa menghadirkan petir, angin topan, sampai badai.

Suku ini dikenal juga mempunyai pelbagai upacara tradisionil, seperti pesta topeng, pesta ulat sagu, pesta patung bus, dan pesta perahu. Semua ragam ritual ini dijalankan jadi bentuk penghormatan pada nenek moyang mereka.
Suku Asmat mempercayai seandainya ritual ini tak dijalankan, jadi sebelum orang mati masuk surga, arwah mereka selalu mengganggu manusia yang masih hidup, menghadirkan petaka, penyakit, sampai peperangan. Nah, untuk menghindarkan hal semacam itu, jadi diadakanlah upacara-upacara rutinitas seperti yang dijelaskan di atas.

No comments:

Post a Comment