Monday, July 29, 2019

Menelisik Rangkaian Upacara Tawur Memungkah




Rangkaian karya Upacara Tawur Memungkah,mecaru melaspas mendem pedagingan, masupati prelingge lan ningkup di Pura Puseh, Beji danPura Yasa. Upacara ini sebagai paletan yang ke 13 dari 33 tingkatan serangkaian upacara Karya Memungkah, Nubung Pedagingan, Ngenteg Linggih, Pedudusan Agung, Tawur Panca Wali Krama, Mahayu Jagat, Marisuda Gumi di Pura Basic Buana Gelgel,KLungkung ini.

Dalam ritual ini ada pun Bupati Klungkung Nyoman Suwirta serta Nyonya Ayu Suwirta jadi murdaning jagat Klungkung sekaligus juga lihat penerapan Karya kesempatan ini. Pun ada Buah pikiran Dalam Semaraputra,dan Pengeling Pura basic Buana Gelgel, Klungkung Cokorda Gde Ngurah dari Puri Klungkung dan beberapa panitia karya serta beberapa Klian Banjar Tradisi sejebag Desa Pakraman Gelgel, Klungkung

Menurut Bendesa Pakraman Gelgel Putu Arimbawa,SH penerapan paletan upakara ini dilakukan diantaranya di pura puseh yang dipuput dua orang peranda ialah Buah pikiran Peranda Gde Kediri Putra Keniten dari Gria Kediri serta Buah pikiran Peranda Gde Wayan Jelantik dari Gria wanasari,Karangasem. Selain itu di Beji dipuput Buah pikiran Peranda Gde Kemenuh dari Gria Kutuh ,Kamasan, sesaat di Pura Yasa dipuput Buah pikiran Peranda Gde Rai Pidada dari Gria Sengguhan, Klungkung.

Penerapan Karya yang ke 13 dari runtunan mendekati upacara pucuk Karya Memungkah, Nubung Pedagingan, Ngenteg Linggih, Pedudusan Agung, Tawur Panca Wali Krama, Mahayu Jagat, Marisuda Gumi di Pura Basic Buana Gelgel,KLungkung ini menurut manggala Kordinator karya Mamungkah ini Dewa Ketut soma katakan pada rahine Bude umanis julung wangi  kesempatan ini diselenggarakan upakara memungkah,mecaru melaspas mendem Pedagingan Masupati Prelingge lan Ningkup di Pura Puseh,Beji danPura Yasa.

“Rangkaian Upakara mendekati pucuk upacara Karya Memungkah, Nubung Pedagingan, Ngenteg Linggih, Pedudusan Agung, Tawur Panca Wali Krama, Mahayu Jagat, Marisuda Gumi di Pura Basic Buana Gelgel, Klungkung sebagai paletan runtunan Karya memungkah,mecaru melaspas mendem Pedagingan Masupati Prelingge lan Ningkup di Pura Puseh, Beji serta Pura Yasa sebagai runtunan paletan yang ke 13 dari 33 tingkatan mendekati Pucuk karya yang jatuh pada tanggal 31 Desember 2018 tahun ini,” papar Manggala Karya Dewa Ketut Soma.

Menurut dia, beberapa tarian wali ritual yang dipertunjukan rangkaian karya kesempatan ini diantaranya sesolahan dipertunjukan Topeng Sidekarya, rejang dewa, rejang rentet serta Baris Gede. Ritual karya kesempatan ini beberapa krama lanang istri terlihat tumpah ruah padati lahan Pura Puseh, Beji serta Pura Yasa diwewengkon Pura Basic Buana, Gelgel, Klungkung.

No comments:

Post a Comment