Monday, July 29, 2019

Unik Tradisi Gebug Ende Karangasem untuk memohon hujan.



Bali, diketahui dengan istilah Pulau Dewata dengan pesona alam serta kebudayaan yang bermacam serta unik. Gebug ende adalah antara lainnya. Kebiasaan ini datang dari Desa Sambil, Karangasem, hingga beberapa orang mengatakan “Gebug Seraya” sama dengan tempat dimana kebiasaan ini ada.

Gebug ende datang dari kata gebug yang bermakna memukul. Alat pemukulnya berbentuk rotan yang panjangnya satu 1/2 hingga dua mtr.. Dan, kata ende bermakna alat yang dipakai jadi tameng waktu lakukan permainan. Berbentuk kulit sapi yang dikeringkan, lalu dianyam berupa lingkaran. Kebiasaan ini dilatarbelakangi oleh situasi geografis Desa Sambil yang kering serta tandus, hingga sewaktu kemarau datang penduduk ditempat begitu menghendaki turunnya hujan. Agar sawah mereka tak alami tidak sukses panen lantaran kekeringan. Keadaan yang demikian, bikin penduduk ditempat berembuk serta pada akhirnya tercetuslah gagasan buat lakukan kebiasaan sakral dengan arah buat meminta hujan pada Sang Hyang Widhi Wasa.

Kebiasaan gebug ende kebanyakan diadakan pada kurang lebih bulan Oktober-November. Kebiasaan ini dikerjakan oleh beberapa anak hingga dewasa. Peserta terbagi dalam dua orang laki laki yang memanfaatkan busana tradisi Bali ditambahkan dengan udeng (ikat kepala ciri khas Bali) yang berwara merah, jadi ikon dari keberanian. Sebelum permainan diawali, banyak juru banten (sejenis sesajen) lakukan ritual bekat buat meminta kelancaran acara serta kemakmuran untuk masyarakat Desa

Sambil terutamanya. Permainan berjalan sepanjang sepuluh menit di pimpin oleh dua orang saye (wasit). Sebelum permainan diawali, saye pun bekerja buat mencontohkan serta membacakan uger-uger atau peraturan permainan. Uger-uger itu antara lain: pemain cuma bisa memukul di atas pinggang sampai kepala, tak bisa memukul dibawah pinggang hingga kaki, permainan selesai bila salah satunya pemain terhimpit. Permainan gebug ende disertai oleh gamelan, buat menaikkan meriah serta kegentingan. Penduduk ditempat yakin kalau apabila salah satunya pemain gebug terluka sampai darah mengucur, karena itu peluang hujan bakal turun tambah cepat.

No comments:

Post a Comment