Monday, July 29, 2019

Macam macam Ritual Sebelum dan Sesudah Perayaan Nyepi




Nyepi sebagai hari raya untuk umat Hindu yang dirayakan tiap tahun baru saka. Tetapi, Nyepi tidak serupa dengan dengan budaya yang lain yang rayakan tahun baru saka atau rayakan hari besar gama dengan keriangan.
Nyepi sebagai hari dimana umat Hindu Bali mendekatkan diri pada Sang Hyang Widhi lewat sembahyang, puasa, serta meditasi dengan penambahan intropeksi diri, untuk mempelajari nilai pribadi seperti cinta, kebenaran, kesabaran, serta kemurahan hati.

Warga Bali yang beragama Hindu, sebelum dan setelah perayaan Nyepi, mereka akan lakukan ritual jadi persiapan untuk perayaan Hari Nyepi. Ingin tahu ritual apa yang dipertunjukkan di Pulau Bali, selanjutnya keterangan untuk Anda.
Ritual Melasti ,Melisa atau Mekiis
Ritual ini diperuntukan untuk Sanghyang Widhi Wasa, yang diselenggarakan tiga sampai empat hari awalnya untuk mendapat air suci dari laut. Ritual ini dijalankan di Pura yang ada di dekat laut serta dimaknai jadi penyucian beberapa benda pusaka.

Ritual Bhuta Yajna
Ritual ini dipertunjukkan satu hari sebelum Nyepi, untuk mengenyahkan komponen negatif serta membuat keserasian di antara Tuhan, Manusia serta Alam. Warga Bali membuat ogoh-ogoh sepanjang dua bulan sebelum Nyepi.
Ogoh-ogoh atau boneka raksasa itu disinyalir untuk sebagai wakil kejahatan yang dibikin dari bambu serta kertas. Waktu matahari tenggelam, pawai ogoh-ogoh mulai serta warga berjalan sembari mainkan musik kombinasi dari kulkul atau lonceng tradisionil Bali, klakson, gamelan serta tetabuhan.
Saat malam hari, ogoh-ogoh akan dibakar pada suatu upacara pada pucuk Ngrupuk. Ogoh-ogoh dilahap api ialah deskripsi pemusnahan roh jahat. Gak cuma itu, umat pun lakukan tarian, minum, serta pesta sampai mauk untuk menyingkirkan roh jahat yang berada di Pulau Bali.

Ritual Nyepi
Ritual ini diperuntukan untuk refleksi diri dari segala hal yang bisa mengganggu orang yang rayakan Nyepi. Dalam hari Nyepi, tidak diperbolehkan ada sinar atau api yang menyala, serta mensyaratkan warga Bali untuk diam dalam rumah, berpuasa sepanjang 24 jam.

Ritual Yoga/Brata
Ritual ini mulai dari jam 6 pagi dalam hari Nyepi serta terjadi sampai 6 pagi esok harinya. Warga Hindu di Bali habiskan hari dengan meditasi.

Ritual Ngembak Agni/Labuh Bratah
Ritual ini dijalankan seusai hari Nyepi. Ritual Ngembak ini ditunaikan dengan sama-sama bertandang dengan keluarga, tetangga, serta kerabat untuk sama-sama mengampuni. Pemuda Bali di satu diantaranya banjar pun merayakannya dengan Omed-omedan atau ritual Mencium jadi isyarat perayaan tahun baru.

Ritual Dharma Shanti
Ritual Dharma Santi sebagai serangkaian paling akhir acara Hari Raya Nyepi. Ritual ini untuk rayakan pertemanan serta cinta sama-sama untuk keselarasan serta kesejahteraan negeri ini.

Itu beberapa ritual yang dipertunjukkan oleh warga Hindu Bali sebelum dan setelah perayaan Nyepi. Mudah-mudahan berfaedah.

No comments:

Post a Comment