Wednesday, July 17, 2019

Tradisi, Ritual Tawur Gentu Umat Hindu di Lumajang




Umat Hindu di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengadakan ritual Tawur Labuh Gentu. Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menuturkan upacara ritual ini memiliki tujuan jaga adat melestarikan warisan leluhur serta juga sekaligus jaga kerukunan umat beragama di lokasi ditempat.

"Moga-moga kerukunan umat bergama dapat kita menjaga serta saya yakinkan tak ada problem dengan ketaksamaan," kata Indah kala hadiri upacara Ritual Tawur Labuh Gentu yang diadakan di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu.
Menurutnya, kerukunan antarumat beragama itu tercermin dari kehidupan umat Hindu di Lumajang yang hidup berdampingan dengan umat beragama lain di sekelilingnya.

"Pemerintah Kabupaten Lumajang miliki keharusan jaga kerukunan umat beragama, hingga Bupati serta Wabup Lumajang dapat menanggung tersedianya ketaksamaan tak akan jadi problem," tutur ia.
Indah berterima kasih pada umat Hindu yang sudah mengusahakan melestarikan alam lewat Ritual Tawur Labuh Gentuh sebagai serangkaian Upacara Piodalan umat Hindu yang dihelat lima tahun sekali dengan maksud membuat kesejahteraan serta kerukunan di antara manusia dengan alam semesta.

"Harmonisasi itu merupakan modal basic buat mengerjakan pembangunan, hingga jadi keharusan pemerintah buat jaga perihal itu," ujarnya.
Sesaat Ketua Panitia Pengurus Tjokorda Kertayasa berterima kasih serta berikan penghargaan yang setingginya pada Bupati serta Wakil Bupati Lumajang yang sudah berikan perhatian pada persatuan serta kerukunan umat beragama.

"Pekerjaan itu adalah upacara buat meminta pada Tuhan Yang Maha Esa, supaya semua umat dikasihkan kebolehan lahir batin serta kerukunan untuk umat sedarma, untuk seluruhnya penduduk, dan alam semesta," ujarnya.
Dia mengatakan upacara ritual itu adalah upacara warisan yang dilaksanakan oleh beberapa leluhur, hingga diinginkan bisa tingkatkan kerukunan serta keselarasan dengan sama-sama.

Dalam pekerjaan ritual Tawur Labuh Gentu yang dihelat umat Hindu di Pura Mandara Giri Semeru Agung ikut didatangi istri Wakil Gubernur Bali Tjok Putri Hariani Ardhana Sukawati.

No comments:

Post a Comment