Thursday, July 18, 2019

Tradisi Suku Minahasa di Manado




Tiap wilayah punyai adat atau kebudayaan sendiri, begitupun dengan suku Minahasa di Manado. Ada lima kebudayaan dari mereka yg unik.

Pemanjatan rasa sukur

Menurut adat warga Minahasa di Manado, memanjatkan rasa sukur atas nikmat yg sudah dikasihkan Tuhan Yg Maha Esa sebagai hal yg kudu dilaksanakan, terlebih selesai panen. Acara perkataan sukur umumnya dikaitkan dengan acara keagamaan.

Kesenian musik Kolintang

Disediakan berbentuk orkes serta umumnya telah di ajarkan sedini mungkin kala beberapa anak masih duduk di kursi sekolah. Alat musik kolintang asli Manado terbuat dari kayu belar yang seringkali disebut yaitu wunut, lantas sejalan dengan kemajuan masa, kolintang terbuat dari kayu cempaka.

Kesibukan Mapalus

Merupakan skema tradisionil orang Minahasa bersifat gotong royong dengan proses kerja sama dengan cara bergiliran oleh masing-masing anggota buat keperluan bersamanya. Kesibukan mapalus sebagai kesadaran bersama dengan buat berkarya, berpikir, dll.

Upacara Toki Pintu

Yakni upacara rutinitas buat pernikahan suku Minahasa yg sebagian besar memeluk agama Kristen Protestan. Acara dilaksanakan dengan makan malam serta acara kebaktian. Toki Pintu sendiri berisi antar harta sampai acara upacara rutinitas yg dirangkai pada sebuah hari implementasi.

Tari Cakalele/Kabasaran

Sebagai tarian yg mengikuti tabiat yg dilaksanakan beberapa leluhur disaat menantang lawan serta dimainkan lewat tarian. Tari Cakalele merupakan suatu kesenian orang Minahasa yg dengan cara tradisionil seringkali dimainkan penduduk Manado pada acara khusus, seperti pagelaran seni budaya atau kala menyongsong tamu.

No comments:

Post a Comment